Universitas Swasta Terbaik Di Indonesia Pada 2024

Unipma Inilah daftar beberapa perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia berdasarkan Webometrics pada tahun ini. Telkom University masuk dalam daftar perguruan tinggi swasta terbaik Webometrics tahun 2024.

Salah satu pemeringkatan universitas terbaik adalah Webometrics. Mereka juga menerbitkan indeks Webometrics edisi Januari 2024 yang mencakup pemeringkatan universitas di seluruh dunia dan universitas di Indonesia.

Webometrics mengukur universitas terbaik berdasarkan tiga faktor: visibilitas, transparansi (transparansi atau keterbukaan) dan keunggulan.
Berdasarkan laman resminya, terdapat 3.567 perguruan tinggi negeri dan swasta yang terdaftar dalam Webometrics 2024 di Indonesia. Daftar 15 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berikut ini: 

15 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia 2024

  • Telkom University (Tel-U) Telkom University terus menduduki peringkat #1 Webometrics, #11 di Indonesia, dan #1,206 dunia.
  • Universitas Bina Nusantara (BINUS) Perguruan tinggi swasta terbaik kedua setelah Tel-U menurut Webometrics 2024, BINUS berada di peringkat 13 Indonesia dan 1429 dunia.
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan perguruan tinggi swasta terbaik ketiga di UMY. Menurut Webometrics, UME menduduki peringkat ke-18 di Indonesia dan ke-1873 di dunia.
  • Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) UMM menduduki peringkat keempat perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Pada Webometrics edisi Januari 2024, Universitas Muhammadiyah Malang menduduki peringkat ke 22 se Indonesia dan ke 2.266 dunia.
  • Universitas Mohammad Surakarta (UMS) Universitas Mohammad Surakarta merupakan universitas bergengsi peringkat kelima sebagai perguruan tinggi swasta. Menurut Webometrics, UMS menduduki peringkat ke-28 di Indonesia dan ke-2669 di dunia.
  • Universitas Gunadarma (UG), perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Depok, Jawa Barat, merupakan perguruan tinggi swasta keenam di Indonesia, peringkat 34 se-Indonesia dan 3061 dunia.
  • Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) UNUSA di Jawa Timur merupakan perguruan tinggi swasta ketujuh. Unusa berada di peringkat 35 Indonesia dan 3068 dunia versi Webometrics. UNUSA meningkat dari sebelumnya peringkat 3186.
  • Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Dalam peningkatan mutu pendidikan, UAD berhasil meraih posisi kesembilan sebagai perguruan tinggi swasta. UAD menduduki peringkat ke-36 di Indonesia dan ke-3140 dunia menurut pemeringkatan Webometrics.
  • Universitas Mercu Buana (UMB) Berdiri sejak tahun 1985, UMB berhasil menduduki peringkat kedelapan se-Indonesia. UMB menduduki peringkat ke 43 di Indonesia dan peringkat ke 3529 di dunia.
  • Universitas Surabaya (Ubaya) Universitas Surabaya merupakan perguruan tinggi swasta kesepuluh di Indonesia. Universitas ini berada pada peringkat ke 46 di Indonesia dan peringkat ke 3585 di dunia. Berlokasi di Surabaya, Ubaya memiliki 9 sekolah dan 27 program studi.

 

Sekian informasi tentang Kampus Swasta Terbaik Di Indonesia 2024 ini, semoga dapat membantu kalian semua untuk melanjutkan pendidikan bagi seluruh masyarakat Indonesia, terimakasih.